APA SIH PERBEDAAN HTTP DAN HTTPS

perbedaan HTTP dan HTTPS, kelebihan dan kekurangan web HTTP dan HTTPS, Pengertian HTTP

Pernahkah kalian memperhatikan kolom url browser pada saat sedang mengunjungi suatu web atau blog? Biasanya akan terlihat dua perbedaan yang mencolok dari keduanya, yaitu ada web yang menggunakan HTTPS dan juga ada web yang menggunakan HTTP. 

Tetapi pernahkah kalian bertanya-tanya apakah perbedaan HTTP dan HTTPS tersebut? Kenapa tidak semua web dan blog yang ada di internet menggunakan salah satunya saja? dan Apa saja kelebihan dan kekurangan web HTTP dan HTTPS? sebelum mimin membahas itu, mimin akan memulainya dengan penjelasan tentang http dan https yang dapat kalian baca penjelasannya dibawah ini.

PENGERTIAN HTTP DAN HTTPSpenjelasan tentang http dan https, Pengertian HTTP, Pengertian HTTPS

Pengertian HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Tim Berners Lee yang merupakan seorang ilmuan Inggris pernah menyatakan bahwa HTTP merupakan sebuah protokol yang menyediakan komunikasi antar jaringan, yang artinya HTTP merupakan sebuah jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan komputer klien dengan server web.

HTTP juga merupakan sebuah protokol stateless (independen). Hal ini dikarenakan protokol dapat menjalankan perintah secara mandiri. Untuk mengakses sebuah web pada HTTP komputer, klien akan melakukan permintaan dengan mengklik alamat web. Sedangkan server akan memproses permintaan berdasarkan kode protokol.

Pengertian HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure)

HTTPS ditemukkan pertama kali oleh Netscape Communication CorpHTTPS  memiliki keunggulan lebih dalam hal keamanan dibandingkan HTTP, juga HTTPS ini menggunakan sistem secure socket layer (yaitu lapisan keamanan yang digunakan untuk melindungi transaksi pada website kalian dengan teknologi enkripsi data yang sangat canggih).

Tingkat keamanan pada HTTPS akan bergantung pada bagaimana cara kalian mengimplementasikannya pada browser web. HTTPS juga memberikan kepada kita suatu sistem yang canggih lainnya yaitu Server Authentication yang dimana pengguna akan merasa yakin bahwa mereka sedang berkomunikasi langsung dengan server.

HTTPS juga mampu menjaga rahasia data, integritas data, data website, privasi pengguna, akun bank, maupun akun pengguna website. HTTPS juga dapat menghalau serangan para cybercrime seperti peretasan. HTTPS juga dibutuhkan pada website yang menyimpan data besar seperti toko Olshop (Online Shop) atau sosial media, walaupun begitu HTTPS juga tetap dibutuhkan pada blog-blog pribadi serta profil perusahaan.

PERBEDAAN HTTP DAN HTTPS

apa itu HTTP dan HTTPS, apa perbedaan dari HTTP dengan HTTPS, bedanya HTTP dan HTTPS












Sebelumya mimin telah mengulas pengertian yang dapat dibaca oleh sahabat Bacadeh tentang apa itu HTTP dan HTTPS. Berikutnya mimin akan mengulas topik awal kita yaitu apa perbedaan dari HTTP dengan HTTPS Ketika kalian membrowsing sesuatu di internet, tentu terdapat situs yang diawali dengan HTTP atau HTTPS pada URL browser kan? Tapi, apakah kalian tahu apa bedanya HTTP dan HTTPS? jika tidak mimin akan membahas beberapa perbedaan http dan https secara singkat.
Berikut beberapa perbedaan HTTP dan HTTPS:
  1. HTTP adalah dasar komunikasi data untuk WWW, Sedangkan HTTPS adalah kombinasi dari Server Authentication  dan Secure Socket Layer
  2. HTTP dan HTTPS berjalan pada Port yang berbeda. HTTP menggunakan port 80 (Yang merupakan jenis port di dalam jaringan yang banyak digunakan untuk mengkoneksikan web server). Sedangkan HTTPS menggunakan Port 443 (yaitu port yang sering digunakan Untuk melakukan suatu komunikasi).
  3. Data paket yang tersedia pada HTTP tidak terenskripsi. Sedangkan paket pada HTTPS sudah terenskripsi. maka, orang tidak dapat melihat data pada jaringan publik.
Demikian penjelasan yang berkaitan tentang HTTP dan HTTPS yang dapat mimin sampaikan, semoga penjelasan yang telah kami berikan ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kalian.


Longtail:
perbedaan www dan http | perbedaan http dan https brainly | pengertian http | apa arti http | kepanjangan https | perbedaan icmp dan http | port https | contoh http