9 SEARCH ENGINE TERBAIK DENGAN KELEBIHANYA

dunia internet, search engine, contoh search engine

Kita tahu bahwa dunia internet memiliki jutaan halaman web dan juga search engine. Apa itu search engine dan apa sajakah contoh search engine? Search engine menawarkan cara yang cepat untuk memperoleh sebuah informasi tertentu. Search engine yang terkenal seperti google memang sudah tidak asing lagi di kuping kita dan google juga menjadi salah satu search engine yang wajib digunakan bagi pengguna internet.


Search engine adalah teknologi yang tidak akan hilang oleh waktu. Sekarang sudah banyak sekali variasi dari search engine ini. Kecepatan pencarian pada search engine pun tentu akan terus mengalami peningkatan seiring berjalanya waktu. Oleh karna itu developer dari search engine ini seperti google akan terus meningkatkan daya hardware mereka yaitu daya yang menjadi induk server dari mesin pencarian mutakhir ini. Dan setiap tahunnya, database juga akan berkembang pesat dan akan memakan banyak hardware server.



9 Contoh Search Engine Terbaik

perusahaan search engine, Search engine adalah, daya hardware

Search engine memang sudah tercipta sebagai website khusus, ditambah lagi dengan teknologi buatan manusia ini mempunyai daftar atau kamus (list) dari berbagai laman web. Namun setiap laman web dalam search engine ini tentu harus memiliki server yang harus aktif 24 jam tanpa berhenti dan dapat diakses langsung oleh siapa pun juga dimanapun. Beberapa penggunaan dari search engine ini sudah umum dipakai secara luas. Hal ini kemudian menyebabkan beberapa perusahaan search engine melakukan persaingan perkembangan. Dibawah ini merupakan beberapa contoh search engine yang sudah terkenal di dunia


1. GOOGLE

mesin pencari google, pengguna google, sarjana google

Tentu saja, bagi para pengguna internet, tidak ada yang tidak kenal dengan search engine abadi yang satu ini. Ya, itu adalah Google yang merupakan sebuah search engine yang paling besar di dunia. Google sendiri merupakan search engine yang tentunya paling banyak dipakai oleh beberapa user yang berada di seluruh dunia.



Oleh karena itu, tidak jarang bila google menjadi topik utama yang paling di rekomendasikan. Sampai detik ini, para user yang menggunakan Google memang mencapai nilai yang super fantastis. Google sendiri merupakan contoh search engine yang menjadi rekor terbesar di dunia.



Hampir miliaran pengguna di seluruh dunia, menggunakan mesin pencari Google ini. Oleh sebab itu, google sendiri di katakan sebagai mesin yang tahu segalanya, bahkan beberapa orang sempat melontarkan candaan bagi pengguna Google dengan sebutan sarjana Google.


Di Indonesia sendiri. Google sering disebut dengan julukan “Mbah Google”, karena hampir 90% penduduk Indonesia menggunakan Google sebagai sebuah solusi dari permasalahan mengenai Informasi modern atau klasik. Oleh karena itu, dapat dipastikan Google dipastikan tidak akan lepas dari umat manusia.

2. YAHOO!

Mesin pencarian Yahoo, Yahoo Search, Yahoo mail

Search engine yang kedua adalah Yahoo!. Mesin pencarian Yahoo ini mungkin saja dapat menjadi alternatif bila Google sedang macet, dan salah satu solusinya adalah Yahoo Search ini. Pada awal- awal kemunculannya, yahoo search sendiri dirancangkan oleh beberapa kalangan untuk membuat sebuah rumah dari alamat pesan elektronik atau email.

Dan dahulu fungsi Yahoo mail memang hanya untuk mencari beberapa bookmark (sebuah penandaan dari sebuah web yang kita cari) yang memang ada didalam naungan internet. Oleh karena itu mesin pencarian Yahoo hanya mampu memunculkan hasil yang berupa sebuah halaman yang memang sering kita tandai atau kita bookmark.

Intinya Yahoo ini hanya memiliki beberapa fungsi seperti mengunjungi portal atau web berita saja. Meskipun sekarang Yahoo! bisa menjadi mesin pencarian alternatif sampai saat ini, Yahoo! sendiri tidak jarang di gunakan. Masih ada beberapa user yang memang nyaman dengan mesin pencarian Yahoo! ini.

Meskipun begitu segi penggunaan pada user dan juga sistem pencariannya masih kalah jauh bila dibandingkan dengan kemampuan proses pencarian dari Google. Yang menyebabkan hal tersebut ialah karena Google lebih laku dibandingkan dengan Yahoo!, sehingga Google pun memiliki dana yang lebih luas dibandingkan dengan Yahoo!.

Hal itu terbukti dari besarnya server yang dimiliki oleh Google. Namun, perlu diketahui bahwa Yahoo! Sendiri merupakan salah satu search engine atau mesin pencarian tertua yang pernah ada. Saat dahulu, banyak orang yang mengeluhkan bahwa halaman utama dari pada Yahoo! search ini sendiri memang tidak terlalu baik untuk sekelas mesin pencarian.

Seiring berkembangnya zaman, Yahoo! Search juga meningkatkan sistemnya dan kerap menggunakan jasa dari Google untuk mencari sebuah informasi web. Dan juga kebutuhan info dari database Google itu sendiri. Dan kini Yahoo! Search sudah menyediakan beberapa fitur menarik, contohnya fitur pencarian dari yellow pages ditambah lagi dengan fitur peta atau map, dan terakhir Yahoo! Search ini juga sudah menyediakan fitur untuk pencarian gambar.

3. ASK

koneksi Internet, informasi web

Kehadiran Ask memang tercatat baru dan merupakan sebuah contoh search engine lainnya. Ask adalah salah satu mesin pencarian atau search engine yang lahir tahun 1996 dan kini mulai kembali naik.

Diciptakan oleh dua manusia berbakat bernama Gerret Gruener dan David Warthen. Ask tampaknya sudah mulai menemukan beberapa pengguna setia di internet yang berada di seluruh dunia. Search engine pada Ask ini terdiri dari tiga hal utama, yaitu:

1. Crawler atau yang biasa disebut Spider, merupakan sebuah program yang akan bertugas dalam mencari sebuah halaman web yang berada di internet. Mirip dengan fungsi laba-laba, dalam menyebarkan sesuatu keseluruhan jaringnya akan secara detail merayap ke koneksi Internet atau browser dalam mengumpulkan sebuah informasi web yang dicari. Setelah itu spider tersebut tentu akan kembali ke sarangnya, yang dalam artian kembali ke halaman utama dari web search engine dan menunjukkan semua informasi yang dibutuhkan dari browser atau software index yang kita pakai. Bila terdapat perubahan dalam halaman web, atau website tersebut non-aktif, maka laba- laba tersebut terus mencari ke bagian sudut internet untuk memperbaiki isian index dari search engine tersebut.

2. Index atau disebut juga dengan database merupakan bagian terpenting dalam search engine. Index ini mirip dengan direktori telepon yang terdiri dari jutaan list halaman web. ketepatan isi index juga tergantung dari seberapa sering index ini diupdate dan penampilan crawler yang mengumpulkan informasi.

3. Alat Pencarian yang berbentuk kolom kotak yang terdapat pada halaman utama mesin pencarian dari search engine ask ini, mirip dengan search engine tool dari pada Google, letaknya terdapat pada halaman utama dan berkolom besar dan disitu Anda dapat mencantumkan beberapa kata kunci yang memang akan dicari.

4. MSN

MSN, Microsoft Network, yellow pages

Disebut MSN atau Microsoft Network yang dimiliki oleh pengusaha ternama di dunia Bill Gates, yang dimana mesin pencarian msn ini dirancang khusus agar dapat menemani internet Explorer. Kegunaan dari search engine ini ialah mampu mencari peta, yellow pages, white pages, dan sering pula untuk pencarian pekerjaan dan beberapa aset properti serta bisnis.

Oleh karena itu, bila keyword yang Anda tuliskan di MSN sangat tidak sesuai dan tidak berhasil, maka dapa dipastikan index dalam search engine tersebut tidak lengkap. Karena hal tersebut, beberapa search engine akan berlomba- lomba meningkatkan kredibilitasnya untuk sebuah inputan. Dan faktanya beberapa developer dari search engine, kerap memasukan beberapa pekerja untuk melakukan pekerjaan ini.

Beberapa fungsi dan juga manfaat yang biasanya digunakan oleh search engine MSN untuk kebutuhan informasi diantaranya:

1. Search engine MSN biasanya digunakan dimana kebanyakan orang akan mendapatkan kebutuhan akan sesuatu dalam via internet.
2. Sebagian pengguna yang memanfaatkan mesin pencari ini faktanya tidak pernah untuk melewatkan tiga dan dua halaman yang terdapat dari search engine ini.
3. Informasi yang dapat di akses dengan mudah, oleh semua kalangan baik itu dalam negeri ataupun luar negeri.
4. Search engine MSN tentu akan memudahkan kinerja masyarakat dalam mencari informasi di internet, terutama pengguna internet explorer.

5. BING

search engine Bing, mesin pencari Bing

Contoh mesin pencarian berikutnya adalah Bing. Bila anda pengguna Mozilla Firefox atau Google Chrome maka Anda dapat mengatur search engine Bing sebagai mesin pencarian utama. Bing sendiri memang merupakan salah satu mesin pencari lain yang memang saat ini sudah mulai banyak penggunanya.

Bing juga merupakan hasil pengembangan dari MSN Search serta Live Search, sebagai sebuah program dibawah naungan Microsoft, yang merupakan salah satu perusahaan raksasa yang mempunyai kemajuan teknologi besar pada abad ini.  Namun, meski mesin pencari Bing ini merupakan sebuah program yang sengaja dikembangkan oleh pihak Microsoft, Bing sendiri terbilang belum dapat menyaingi para pengguna Google dalam segmen search engine

Bila dilihat dari perkembangannya, Bing merupakan contoh search engine milik Microsoft yang selalu berkompetisi dengan Google. Dan tidak menutup kemungkinan bila Bing nantinya akan mampu mengalahkan Google bila sokongan dana server yang diberikan memadai.

6. WOLFRAMALPHA

Wolfram Alpha adalah, search engine Wolframalpha

Wolfram Alpha adalah search engine yang dikembangkan oleh Wolfram Research ini didirikan oleh Stephen Wolfram yaitu pengusaha yang memiliki perusahaan yang cukup besar. Dengan slogannya “Membuat pengetahuan dunia bisa dihitung” search engine ini dapat dibilang cukup terkenal. Search engine ini lahir pada 18 Mei 2009. Bagaimana konsep kerja dari mesin pencari Wolframalpha itu sendiri? Memang sebagai sesosok manusia modern yang haus informasi, seperti saat ini, kita tidak hanya membutuhkan sekadar search engine saja.

Pada umumnya, cara bekerjanya sebuah search engine Wolframalpha memang sangat mirip, layaknya penggunaan sebuah perpustakaan digital atau elektronik. Kita hanya tinggal memasukan sebuah nama tertentu setelah itu seluruh data tentu akan muncul.

Semua data yang muncul tersebut berasal dari database. Perbedaannya ialah mesin pencari Wolframalpha akan tersambung terlebih dahulu ke berbagai server yang dibutuhkan dan juga akan tersambung ke sudut- sudut database yang berada di seluruh dunia. Dan hal itu juga merupakan hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan beberapa pilihan dan juga hasil yang akan direkomendasikan dari setiap search engine. Saat hasil dari sebuah pencarian telah ditampilkan, maka Anda akan bisa melihat keterangan singkat yang akan menunjukan kesimpulan link dari website yang Anda cari.

7. AOL

mesin pencari Aol, search engine Aol.com, Control Video Corporation

Aol merupakan search engine yang Bergerak dalam jasa internet serta telekomunikasi, menjadikan Aol salah satu search engine yang sangat baik di tahunnya. Tahun 1983 Virginia, adalah kelahiran dari mesin pencari ini dan dikembangkan oleh perusahaan Control Video Corporation. Aol juga merupakan contoh mesin pencari yang mempunyai fitur-fitur yang terbilang cukup simpel.

Saat terjadi perkembangan dari teknologi internet, hal tersebut membuat mesin pencari Aol mengembangkan beberapa server. Dan diharapkan hal tersebut bermanfaat untuk mengubah suatu kehidupan bagi beberapa kaum penikmat internet. Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari internet menjadi kunci didirikannya search engine Aol.com ini. Seperti search engine pada umumnya, fitur search engine dari aol akan membantu Anda dalam mencari web tertentu. Search engine Aol pernah menjadi fitur yang selalu digunakan dan sudah menjadi standar fitur dalam penggunaan pc atau pada tahun 90an.

8. BLEKKO

Search engine Blekko, International Business Machines, mesin pencari blekko

Search engine Blekko merupakan salah satu mesin pencarian yang di produksi oleh International Business Machines. Mesin pencari Blekko sendiri berdiri pada November 2010. Tentunya mesin pencari blekko ini merupakan search engine yang cukup simpel dan mudah dipahami. Search engine ini juga merupakan mesin pencari yang akan bekerja dengan sebuah software dan beberapa program komputer.

Search engine ini biasanya juga telah terkoordinasi untuk mencari beberapa data serta berkas yang kita butuhkan. Oleh karena server untuk search engine Blekko ini cukuplah besar. Meskipun tidak sebesar google yang memiliki gudang server super besar.

Search engine Blekko yakin bahwa mereka tidak akan kalah, hal itu dikarenakan Blekko menjadi sebuah program multifungsi dan selalu mengikuti kemajuan teknologi zaman. Bahkan pihak-pihak elit pun tidak terlepas dari sebuah search engine ini.

9. WAYBACKMACHINE

search engine waybackamachine

Wayback Machine merupakan search engine dengan fungsi digital archive websites serta informasi yang ada dalam situs internet. Diluncurkan oleh Internet Archive, yang merupakan lembaga non-profit di San Fransisco dan juga California, Negara Amerika Serikat.

Berapa kecepatan search engine yang dimiliki WaybackMachine ini memang tergantung dari kapasitas server yang dimiliki developernya. Sampai detik ini, disamping Google, Yahoo, Wolframalpha, MSN, juga Ask, dan yang lainnya, memang terdapat beberapa search engine lain yang sedang dalam tahap pengembangan seperti search engine waybackamachine ini.

Demikianlah penjelasan tentang Search Engine terbaik yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan yang telah kami berikan dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda

Salam, Sahabat Bacadeh.


Longtail : 
search engine adalah | mesin pencari atau search engine mempunyai program khusus yaitu | mesin pencari internet terbaik | hasil pencarian search engine disebut | macam macam search engine | 15 contoh search engine | 20 mesin pencari internet | faktor faktor yang mempengaruhi hasil pencarian search engine