BERIKUT INI ADALAH PENJELASAN DAN FUNGSI THUMBNAIL

Thumbnail jika dihapus, apa yang dimaksud dengan thumbnail, fungsi thumbnails

Kalian pasti pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti saat akan mendownload suatu aplikasi namun ruang penyimpanan ponsel kalian telah penuh. Lalu apa yang akan kalian lakukan? Umumnya salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menghapus data cache atau folder yang dirasa tidak diperlukan.

Pada salah satu folder ini terdapat salah satu folder yang bernama thumbnail. Tapi jika kita ingin menghapus folder thumbnail ini apakah akan mempengaruhi kinerja smartphone kita? Untuk mengetahui hal tersebut, alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan thumbnail, fungsi thumbnails dan pengaruhnya terhadap smartphone.

Mari kita simak penjelasan lengkapnya pada artikel bacadeh kali ini.

PENGERTIAN THUMBNAIL

thumbnail adalah, youtube thumbnail, Thumbnail YouTube

















Thumbnail dalam bahasa indonesia kerap dikenal dengan arti ibu jari, mengapa disebut ibu jari? Menurut data Wikipedia pemberian nama thumbnail dikarenakan ukuran gambar yang terdapat pada thumbnail hampir sebesar kuku ibu jari manusia. Dan pada abad ke-17 di Amerika ada sebuah khiasan “a drawing the size of the thumbnail”, yang bermakna "menggambarkan sesuatu yang berukuran kecil". Jadi apa maksudnya? yang dimaksud disini thumbnail adalah sebuah gambar dengan resolusi yang lebih kecil dibandingkan gambar aslinya. 

Contoh yang paling mudah untuk diingat yakni ketika kalian sedang membuka galeri, maka galeri tersebut tentu akan menampilkan folder-folder gambar yang kecil dan itulah yang dimaksud dengan gambar thumbnail. 

Thumbnail juga memakan space yang cukup besar, jadi kalian tidak perlu heran saat total ukuran file thumbnail pada ponsel kalian cukup besar, ketika kalian memasang aplikasi untuk mengoptimalkan android seperti ccleaner atau sejenisnya selalu ada saran untuk menghapus file thumbnail dan file sampah agar ruang penyimpanan memori internal pada ponsel kalian menjadi lebih besar.

Thumbnail juga dapat kalian lihat pada YouTube (atau yang biasa disebut youtube thumbnail). Thumbnail YouTube sendiri merupakan suatu gambaran tentang isi youtube itu sendiri atau bisa juga disebut dengan gambar depan pada sebuah tayangan youtube. Dengan adanya suatu thumbnail pada tayangan YouTube ini, maka pengguna youtube akan lebih mudah dalam mencari video-video yang akan dilihat.

AMANKAH MENGHAPUS FOLDER THUMBNAIL?

thumbnail pada Android, file thumbnails

















Ketika kalian merasa ingin menghapus folder thumbnail pada Android, pernahkah kalian berpikir apa yang akan terjadi pada smartphone kalian? kita tidak perlu risau dengan hal itu, karena menghapus file thumbnails adalah hal yang aman karena file data pada thumbnail terpisah dengan file-file lainnya atau contoh mudahnya ialah ketika kalian menghapus file thumbnail, hal itu tidak membuat file gambar pada Android kalian hilang.

Seperti yang telah dikatakan diatas, thumbnail ini mempunyai ukuran file yang cukup besar. Karena itu, bagi kalian yang memiliki ruang penyimpanan terbatas, menghapus folder thumbnail dapat menjadi salah satu solusi agar ruang penyimpanan ponsel kalian tidak cepat habis. Karena satu file thumbnail dapat mempunyai ukuran yang sama dengan file dari gambar aslinya. Jadi pada intinya, menghapus file thumbnail adalah hal yang aman karena data pada thumbnail bukanlah file asli dan hanya dupliklat, maka boleh dihapus dan aman.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian dari Thumbnail dan fungsi dari Thumbnail tersebut. Semoga penjelasan yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kalian baik sekarang maupun di masa depan nanti.


Longtail :
pengertian thumbnail youtube | cara menghapus thumbnails | cara mengembalikan thumbnail di android | apa yang terjadi jika thumbnail dihapus | fungsi thumbnail youtube | apa itu thumbnail file | cara membuka file thumbdata di android | micro thumbnail blob.0 xiaomi