APA MAKSUD DARI SEO? BERIKUT PENGERTIAN DAN CARA KERJANYA

mesin pencari lain, mencari informasi melalui internet, Search Engine Optimization (SEO)

Tentunya, sobat bacadeh pernah menggunakan Google ataupun mesin pencari lain untuk mencari informasi melalui internet. Hasil yang ditampilkan pun relevan sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Namun, pernahkah Anda berpikir bagaimana bisa sebuah mesin pencari menampilkan informasi yang relevan dengan kata kunci yang kita cari? Setiap hasil pada mesin pencari juga mempunyai peringkat masing-masing. Ada yang berada di halaman 1, namun ada juga yang berada di halaman 10.

Mesin pencari tersebut mengatur peringkat setiap konten berdasarkan algoritma dari masing-masing mesin pencari dan bukan dilakukan secara acak. Semakin tinggi peringkat konten pada mesin pencari, maka kualitas konten tersebut akan semakin baik dibandingkan dengan konten yang berada di bawahnya.

PENGERTIAN SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Apa pengertian SEO, pengertian SEO, Search Engine Optimization adalah

Apa Itu SEO?

Untuk dapat menduduki peringkat satu pada kata kunci yang telah Anda targetkan, Anda memerlukan Search Engine Optimization (SEO). Apa pengertian SEO? pengertian SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara bagi para pemilik website untuk menyesuaikan website mereka dengan algoritma mesin pencari supaya mereka bisa mendapatkan peringkat satu untuk kata kunci tertentu.

Misalnya, Anda mengetikkan kata kunci cara memasak nasi goreng telur, maka apabila Anda belajar SEO dari awal dengan baik dan benar, website Anda akan berada di posisi paling atas pada mesin pencari. Dengan bantuan dari SEO, konten website Anda dapat menduduki peringkat 1 dengan kata kunci yang banyak dicari dan kata kunci lain yang relevan dengan itu. Mungkin, pada gawai orang, website Anda bisa berada di peringkat 2 ataupun 3. Karena peringkat pada mesin pencari mudah untuk berubah, tetapi tidak terlalu jauh.

Telah terbukti bahwa SEO memang ampuh untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Pengunjung yang datang dari mesin pencari juga cukup prospek dibandingkan pengunjung dari sosial media, ataupun dari sumber-sumber lainnya. Mengapa demikian? Pengunjung akan mengunjungi website yang relevan dengan apa yang mereka cari. Otomatis, konten website yang Anda punya memiliki informasi yang mereka butuhkan, itulah mengapa kualitas pengunjung merupakan yang terbaik nomor 2 setelah email.

Seperti yang telah disebut sebelumnya, volume pengunjung yang didapatkan dari mesin pencari atau search engine juga merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan media lain. Hal itu terjadi karna semua orang pasti menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, ataupun melakukan perbandingan terhadap suatu produk.

Bagaimana Cara Kerja SEO?


Sebelumnya kita telah membahas bahwa algoritma mesin pencari merupakan penunjuk hasil yang paling berkualitas dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengunjung. Nah, agar dapat berada di peringkat paling atas, Anda perlu belajar SEO.

Logikanya seperti ini:


Google dan mesin pencari lainya tentu ingin menarik perhatian banyak orang untuk menggunakan layanan mereka daripada layanan saingan mereka. Untuk dapat memuaskan para pengguna, Google dan mesin pencari lainya tentu akan menampilkan konten yang bermanfaat dan berkualitas dengan kata kunci. Jika kita adalah pengunjung suatu web dan disuguhkan dengan konten-konten yang berkualitas, tentunya kita akan puas dan akan menggunakan mesin pencari tersebut lagi. Nah, untuk dapat menduduki peringkat satu, Anda harus memiliki konten yang menarik dan berkualitas dibandingkan dengan konten lain yang membahas topik yang sama.

Sebenarnya, tidak hanya konten saja yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan peringkat satu. Namun ada beberapa unsur yang harus Anda perhatikan untuk menjadi yang terbaik di antara website lain. Seperti navigasi juga reputasi. Tiga unsur tersebut (konten, navigasi, dan reputasi) merupakan dasar dari SEO on pages dan SEO off pages.


Apakah SEO itu Penting?


Sebenarnya, penting tidaknya SEO itu tergantung dari website Anda sendiri. Jika konten Anda biasa dicari melalui mesin pencari, berarti itu merupakan hal yang penting. Tetapi, jika target pasar Anda bukan dari mesin pencari (sosial media), berarti SEO tidaklah penting bagi Anda. Contoh website yang membutuhkan SEO untuk membantu Anda mendapatkan pengunjung adalah toko online, blog yang berisi panduan atau yang biasa disebut tutorial, informasi, dan lain-lain.

Dengan adanya SEO, Anda bisa mendapatkan pengunjung dengan jumlah yang tak terbatas setiap harinya. Berdasarkan data dari Moz, website yang menempati peringkat pertama akan mendapatkan jumlah klik sekitar 35% dari total pencarian. Cukup besar untuk mendapatkan pengunjung dari SEO. Apabila ada 2000 orang memasukkan kata kunci tertentu dan website Anda berada pada peringkat 1, maka ada sekitar 600 orang yang mengunjungi website Anda.


SEO tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung. Tetapi SEO juga berguna untuk mendapatkan pengunjung yang setia atau tertarget. Artinya, pengunjung tersebut bukan hanya sekedar mampir ke website atau blog Anda dan kemudian tidak kembali lagi. Yang artinya pengunjung tersebut memiliki ketertarikan dengan topik yang dibahas pada blog Anda. Dengan adanya pengunjung yang tertarget, maka kemungkinan besar website ataupun blog Anda dapat menghasilkan penjualan dalam jumlah banyak.

Namun, tahukah Anda bahwa SEO juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan SEO agar dapat membuat website yang SEO friendly.

Kelebihan dan kekurangan Search Engine Optimization

belajar SEO dari awal, menarik perhatian banyak orang, konten yang bermanfaat

Kelebihan dari SEO

1. Gratis


Untuk dapat belajar dan mengaplikasikan SEO pada website kita, Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Semua teknik SEO bisa Anda pelajari dan lakukan sendiri. Meskipun ada banyak jasa SEO yang beredar di internet yang Sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri.

2. Membuat website lebih mudah diingat


Apabila Anda menggunakan SEO dan blog Anda muncul di peringkat pertama untuk kata kunci dengan persaingan menengah ke atas, tentunya akan ada banyak orang yang akan mengingat nama website atau blog Anda. Dengan begitu, blog Anda akan memiliki pengunjung loyal.

3. Manajemen mudah

Ada berbagai tools atau alat yang mampu membantu Anda dalam mempelajari SEO dan Anda juga dapat memonitor progres peringkat konten blog Anda pada mesin pencari.

Kelemahan dari SEO

1. Prosesnya lama


Hasil dari penerapan SEO tidak dapat dilakukan secara instan. Anda harus menunggu berminggu-minggu ataupun berbulan-bulan untuk dapat melihat hasilnya. Jangan pernah berharap bila konten blog Anda dapat berada di peringkat satu pada mesin pencari hanya dengan kata kunci tertentu (kecuali jika kata kunci tersebut tidak ada yang mencari).

2. Persaingan yang cukup ketat


Apabila Anda menggunakan SEO, Anda harus bersiap-siap dengan ribuan atau bahkan jutaan blog yang membahas topik yang sama. saingan akan menjadi semakin banyak ketika belajar SEO. Ada lebih 10 juta lebih konten yang berisi topik yang sama. Nah, dengan kata lain, Anda akan bersaing dengan 10 juta lebih konten tersebut dan mengalahkan website besar lainnya.

3. Algoritma mesin pencari selalu berubah

Anda harus selalu siap jika peringkat blog Anda turun karena tidak sesuai dengan algoritma terbaru dari mesin pencari. Apabila peringkat blog Anda turun, segera perbaiki konten tersebut dengan melakukan teknik SEO off page dengan tepat. Tapi Anda tidak perlu khawatir, meskipun kelihatan rumit. Belajar SEO cukup mengasyikkan dan tidaklah susah. Anda juga memerlukan kesabaran dan konsistensi yang tinggi.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian dan cara kerja dari SEO. Semoga artikel yang telah kami tulis ini dapat memberi manfaat yang positif bagi sobat bacadeh.

Salam, Sahabat Bacadeh.

Longtail :
cara kerja seo online | bagaimana strategi membuat seo | pengertian seo | cara kerja seo on page | pengertian seo on page | jelaskan pengertian riset keyword dalam seo | manfaat seo | pekerjaan seo