BERIKUT PENGERTIAN PROGRAMMING DAN KOMPONENNYA

Programming itu apa, teknik komputer atau teknik informatika, Programming adalah

Programming itu apa ? Seringkali pertanyaan seperti itu muncul dibenak para mahasiswa baru yang mengambil jurusan teknik komputer atau teknik informatika. Pemrograman, coding, website, aplikasi, dan sistem informasi akan menjadi topik utama kita terkait programming.

Programming adalah suatu proses dimana seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program di komputer. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman yang memiliki berbagai macam bahasa. Kalian juga dapat membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman yang berbeda dengan bahasa pemrograman milik teman kalian. Tergantung dari bahasa pemrograman apa yang telah kalian kuasai dalam melakukan program sistem.

Suatu pekerjaan programming umumnya akan berjalan sesuai dengan keinginan. Namun, untuk melakukan pekerjaan programming, kalian tidak hanya membutuhkan bahasa pemrograman saja. Melainkan kalian juga harus memahami mengenai logika, algoritma, dan pengetahuan lainnya yang terkait dengan programming. Jadi, hubungan antara semua pengetahuan tersebut merupakan kombinasi yang dapat menciptakan program yang efektif, efisien, dan dapat dijalankan sesuai rencana pembuatan. Mengapa hal tersebut bisa saling terkait? Inilah penjelasannya.


KOMPONEN DALAM PROGRAMMING

program di komputer, programming, Logika dan algoritma adalah

















1. Logika Dan Algoritma Terkait Pemrograman

Logika dan algoritma adalah dua pengetahuan yang menjadi satu dalam mata pelajaran atau mata kuliah. Di dalam mata pelajaran logika dan algoritma, para mahasiswa tentu diajarkan untuk berpikir lebih tinggi dan superior dalam memecahkan suatu permasalahan.

Dari sanalah kalian dapat menghasilkan jalan keluar yang sesuai dengan logika dengan penerapan algoritma. Dalam kasus pemrograman, logika dan algoritma berperan penting dalam menjalankan sebuah program. Ketika kalian sedang dalam proyek pengerjaan program, logika dan algoritma ini mempunyai tugas untuk memberi ide, kreasi, jalan keluar, dan juga pengetahuan untuk membuat suatu program. Selain itu, algoritma paling cocok digunakan untuk suatu keadaan tertentu. Seperti saat program yang berjalan sedang error. Selain itu Mata pelajaran yang didapat mahasiswa mengenai logika dan algoritma juga terlihat cukup simple dan mudah untuk dipahami.

Namun, ketika hal tersebut digabungkan dengan pembuatan program, kalian harus mampu menyesuaikan kondisi dengan logika dan algoritma pemrograman. Itulah mengapa, logika dan algoritma dapat disebut juga sebagai ide untuk mendapatkan jalan keluar dari suatu permasalahan.

Pengetahuan ini sangatlah penting dalam programming. Sebagai contoh singkat kalian dan teman kalian sedang mengerjakan suatu proyek aplikasi/program yang sama, setelah semaunya selesai kalian dan teman kalian bisa saja berbeda dalam hal logika dan algoritma tetapi hasilnya sama, Algoritma juga dapat digunakan sebagai jalan atau cara untuk menyelesaikan suatu program.

2. Bahasa Pemrograman Terkait Programming

Elemen penting selanjutnya dari programming ialah bahasa pemrograman. Jika kalian sudah benar-benar memahami logika dan algoritma, selanjutnya kita akan mempelajari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini berbeda dari bahasa sehari-hari yang biasa kita dengar.

Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang mendukung dalam programming. Contohnya seperti bahasa Assembly, Java, Javascript, Pascal, C, C++, Python dan lain-lain. Pada prosesnya, bahasa pemrograman membuat suatu inputan yang akan diproses hingga menjadi sebuah output.

Tulisan dari bahasa pemrograman tersebut dapat menghasilkan sistem dan berkembang menjadi program. Biasanya bahasa PHP disarankan kepada programming untuk pemula terlebih lagi di indonesia. Hal itu dikarenakan banyaknya dokumentasi dan tutorial yang mengupas cara-cara serta contoh-contoh kasus.

Bahasa Pemrograman Python juga merupakan bahasa yang disarankan untuk programming pemula dikarenakan syntaxnya (*aturan menulis 'kalimat' agar dapat dimengerti oleh bahasa pemrograman) yang sangat sederhana dalam penulisan serta mendukung Object Oriented Programming (OOP). Jika kalian tertarik dan ingin mempelajari bahasa pemrograman python mulailah dengan memahami tipe data yang tersedia pada python. Karena banyaknya pilihan bahasa pemrograman inilah yang menjadikan para programmer memiliki pola dan ciri khas tersendiri dalam pengkodingan.

3. Debugging Terkait Programming

Pengertian debugging pada programming ialah sebuah fitur penting dalam pengembangan perangkat untuk suatu program. Hal inilah yang menentukan baik atau tidaknya sebuah program saat sedang digunakan. Adanya debugging ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya error, crash atau tidak berjalannya sebuah program. Sehingga, permasalahan yang terjadi pada program akan diketahui dengan cepat dan tanggap.

Seorang programmer juga menulis program komputer menggunakan bahasa program tertentu untuk membuat sebuah perangkat lunak yang besar, juga menulis dengan ribuan baris kode bahkan sampai ratusan ribu baris kode. Biasanya pada saat sedang proses mengerjakan program, bagian yang lama dari proses itu adalah debugging dibandingkan proses menulis program itu sendiri. Bug itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu “syntax bug” dan “logical bug”.

Syntax bug merupakan error yang disebabkan oleh sang programmer sendiri dikarenakan kesalahan penulisan kode. Sedangkan logical bug merupakan program yang telah berjalan dengan baik akan tetapi tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh sang programmer. Debug juga sering digunakan pada program pendukung programming seperti  Visual Studio, Console, NetBeans, dan Eclipse.
Saat terjadi suatu permasalahan, akan muncul perintah apa saja yang harus kalian cek kembali. Jika kalian ditanya mengenai apa itu programming, maka jawabannya ialah proses menulis dengan bahasa pemrograman, memelihara kode dengan logika algoritma, dan menguji dengan debugging.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian Prorgramming dan komponenya. Semoga artikel yang telah kami sampaikan ini dapat memberi manfaat yang positif bagi sobat bacadeh.



Longtail :
contoh programming | pengertian program sederhana | belajar programing | sejarah programming | bahasa program | cara menjadi programmer | perbedaan program dan programer | buku panduan programming