Perbedaan Intel dan AMD

apa beda Intel dan AMD, Kelebihan dan Kekurangan dari Intel dan AMD, apa perbedaan prosesor intel dan amd

Seringkali kalian bertanya-tanya jika ingin membeli komputer atau laptop spesifikasi apa yang harus dipakai antara processor intel dengan processor AMD dan apa beda Intel dan AMD serta apa saja Kelebihan dan Kekurangan dari Intel dan AMD tersebut.

Maka dengan dibuatnya pertanyaan tersebut, pada artikel Bacadeh kali ini kami akan membahas secara tuntas apa perbedaan prosesor intel dan amd serta kelebihan dan kekurangan processor intel dan AMD

Apa yang dimaksud dengan processor komputer? Nah, processor komputer adalah otak dari sebuah komputer, laptop, bahkan smartphone pun juga mempunyai processor. Processor tersebut merupakan komponen yang amat sangat penting di dalam komputer. Tanpa processor, sebuah perangkat berbasis teknologi tidak dapat berjalan. 

Processor sendiri sudah seperti bagian inti yang wajib dipasang pada sebuah perangkat berteknologi. Dapat dibayangkan jika kalian mempunyai sebuah laptop tetapi tidak memiliki processor tentunya laptop yang kalian miliki pasti tidak bisa digunakan sama sekali. Kecuali, laptop kalian ditambahkan sebuah processor.

Karena hal tersebut, setiap komputer pasti sangat membutuhkan yang namanya processor. Sebenarnya banyak sekali merk processor yang telah dibuat oleh para produsennya, seperti Centaur, Cyrix, ARM, Transmeta, VIA, dan lain-lain. Tetapi, yang paling terkenal di kalangan pasar adalah Intel dan AMD.

Kedua processor tersebut memang saling bersaing dalam mendapatkan posisi dan reputasi di pasaran maupun di mata pembeli dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak orang yang menyukai Intel karena kelebihan Intel yang memikat mata. Tetapi, tentu banyak juga orang yang menyukai AMD karena kelebihan AMD. Menurut kami, kedua prosessor tersebut merupakan prosessor yang sangat baik performanya dan memiliki kredibilitas serta integritas yang mumpuni dibandingkan prosessor lainnya. Di artikel Bacadeh kali ini akan membahas tentang perbedaan intel dengan AMD. Tampaknya, kedua prosessor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tujuan dibuatnya kelebihan dan kekurangan pada masing-masing prosesor tidak lain ialah agar produk mereka dapat laku dan mendominasi di pasaran. Setiap pemilik usaha pasti mempunyai yang namanya strategi. Entah mungkin mereka dapat mempunyai strategi yang sama antara pengusaha satu dengan pengusaha lain atau mempunyai strategi yang berbeda-beda dalam pemasaranya. Contohnya seperti kelebihan dan kekurangan Intel atau AMD yang akan kita bahas dibawah ini.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN INTEL

kelebihan dan kekurangan processor intel dan perbedaan intel dengan AMD, Apa Kelebihan Intel

















Untuk kalian yang masih bingung memilih antara prosesor AMD atau Intel, langsung saja kita ulas satu per satu kelebihan dan kekurangannya.

Apa Kelebihan Intel :

1. Intel Tidak Mudah Panas


Hal itu dapat terjadi karena pada prosessor Intel telah dirancang untuk mengatur suhu atau temperatur pada saat laptop atau komputer bekerja. Bayangkan saat kalian sedang menggunakan sebuah laptop yang memiliki prosessor dengan merk Intel selama berjam-jam. Pasti laptop tersebut akan terasa panas bukan? Nah, panas itu sendiri ditangani langsung oleh Intel.

Tekanan suhu panas yang tinggi pada laptop atau komputer kalian dapat langsung diredam oleh prosessor itu sendiri. Pastinya hal tersebut akan membuat peredaman panas lebih optimal dibandingkan dengan peredaman panas yang tidak ditangani langsung oleh prosessor.

2. Intel Tidak Mengeluarkan Suara Yang Berlebihan Saat Bekerja


Pada saat komputer atau laptop kalian sedang menjalankan proses, prosessor Intel tidak mengeluarkan suara-suara asing yang dapat menggangu pendengaran kalian . Hal itu terjadi dikarenakan produsen dari Intel itu sendiri memprioritaskan kepuasan pelanggan dan User Experience (UX) pada saat menggunakan Intel. Intel sendiri juga merupakan sebuah bisnis seperti layaknya AMD, Centaur, ARM, dan lain-lain.

Agar para pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh Intel, maka Intel sendiri harus membuat pelanggannya puas dengan memberikan kualitas yang baik. Masuk akal bukan ? Produsen dari Intel menyiasatinya dengan memasang teknologi Heatsink pada prosessor Intel. Heatsink ini pada saat bekerja selain berguna untuk mengendalikan panas pada laptop atau komputer kalian, ia juga tidak mengeluarkan suara. Itu mengapa Intel termasuk salah satu Prosessor terbaik yang dapat kalian gunakan.

3. Produk Intel Lebih Bagus Dalam Segi Multimedia Dibanding Grafik


Jika kalian merupakan seorang youtuber atau seorang pembuat video maupun pembuat game maka tentunya kalian membutuhkan yang namanya rendering. 

Lalu, ada pertanyaan muncul seperti bagaimana jika saya ingin me-render video dengan AMD ? apakah bisa ? Jawabannya bisa. Tapi, proses rendering di prosessor AMD dapat memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan prosessor Intel dan kualitas yang dimiliki AMD pun masih kalah dibandingkan dengan Intel.

Oleh karena itu kami menyarankan bagi kalian yang membutuhkan proses rendering, sangat dianjurkan untuk membeli laptop atau komputer dengan prosessor merk Intel.

4. Lebih Menang Merek (Brand) di Pasaran

Intel lebih dahulu naik daun daripada AMD. Intel juga diproduksi lebih awal dibandingkan dengan AMD. Hal tersebutlah yang menyebabkan popularitas Intel lebih tinggi dibandingkan dengan AMD. Jika telah berbicara soal merek, menurut opini kami hal tersebut tidak terlalu berpengaruh.

Maupun Intel ataupun AMD jika kualitasnya bagus pasti bagus. Tidak harus menang merek. Tetapi, walaupun Intel lebih menang dalam hal merk daripada AMD, kedua prosesor tersebut memiliki kualitas yang saling bersaing dan dapat dikatakan yang terbaik.

Intel juga dapat merebut hati para konsumen dengan menyajikan prosessor yang memiliki kualitas tinggi. Dengan strategi yang matang, Intel pun berhasil melakukan hal ini dan banyak orang yang membeli laptop dengan prosessor tersebut.

Apa Kekurangan Intel :

1. Biaya Yang Mahal


Banyak dari kalian yang masih bingung jika ingin membeli laptop dengan prosessor AMD atau Intel. Tetapi jika dilihat dari harga, hal tersebut merupakan kelebihan AMD atau dengan kata lain merupakan kekurangan dari Intel. Intel memiliki harga pasar yang bisa dikatakan cukup mahal bila dibandingkan dengan prosessor merk lainnya. Hal itu terjadi karna Intel telah memegang reputasi yang sangat terkenal di pasar-pasar dunia. Padahal, jika kita bandingkan dengan AMD dengan spesifikasi dan kualitas prosessor yang setara, harga prosesor AMD jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Intel. Oleh karena hal tersebut, sesuatu yang terkenal kebanyakan memiliki kualitas yang tinggi (pada bidangnya). Dan sesuatu yang berkualitas juga kebanyakan memiliki harga yang cukup tinggi. Itulah anggapan kebanyakan orang. Jika terkenal pasti mahal, dan jika mahal pasti berkualitas tinggi.

2. Jika Rusak, Biaya Lebih Mahal

Jika kalian mempunyai laptop atau komputer dengan prosessor Intel, maka jagalah laptop atau komputer tersebut agar tidak rusak. Karena jika prosessor Intel tersebut telah rusak, maka kalian harus membayar lebih mahal untuk biaya service prosessor. Karena jika prosessor Intel kalian sudah rusak, ketika diservice prosessor tidak dapat dipisahkan dengna motherboard. Otomatis kalian juga wajib membayar biaya pembelian motherboard yang baru jika laptop kalian ingin kembali seperti semula.

3. Intel Kurang Unggul Dalam Segi Grafis


Jika kalian adalah seorang gamer yang ingin membeli laptop untuk bermain game, kami menyarankan kalian untuk membaca artikel di bawah ini.

Dalam segi grafis, AMD dikenal lebih unggul daripada Intel. Karena hal itulah yang menarik perhatian para gamer atau maniak game untuk membeli produk dari AMD. Hal ini merupakan solusi bagi para gamer yang bingung apakah mereka mau membeli prosesor Intel atau AMD.

Jika ingin mempunyai spesifikasi tinggi, tentu membutuhkan biaya yang mahal.

Lagi-lagi masalah uang menjadi kendalanya. Selain terkenal akan kualitasnya, ternyata Intel juga memiliki popularitas tersendiri terkait harga produknya yang lebih mahal.

4. Mahalnya Intel Spek Tinggi


Wajar saja sih kalau produk Intel itu lebih mahal, sebabnya dia lebih memiliki reputasi dan pamor yang tinggi dibanding saingan-saingannya. Nah, bagi kalian yang ingin memiliki laptop dengan prosesor Intel yang berspesifikasi tinggi, maka kalian juga harus mempersiapkan dana yang cukup untuk memenuhi keinginan kalian.

Nah, untuk kelebihan dan kekurangan prosesor Intel sudah saya bahas di atas. Sekarang saatnya membahas kelebihan dan kekurangan prosesor AMD.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CPU AMD

kelebihan dan kekurangan cpu amd, processor gaming murah, processor gaming terbaik

















Apa Kelebihan AMD :

1. AMD Lebih Murah Dari Intel


Jika kalian merupakan seorang gamer yang suka bermain game tetapi tidak mempunyai dana yang cukup banyak, kalian cukup beruntung karena prosessor yang baik untuk kalangan gamer itu harganya cukup murah bila dibandingkan dengan Intel. Processor AMD ini juga disebut sebagai processor gaming murah juga disebut sebagai processor gaming terbaik. Juga prosessor AMD ini belum terlalu memegang dan mendominasi kendali pasar dunia. Sementara itu, pasar dunia masih dikuasai penuh oleh Intel. Mungkin setelah AMD menguasai pasar dunia, harga prosessornya bisa mahal bahkan lebih mahal dari Intel.Cukup masuk akal bukan ?


2. Lebih Unggul Daripada Intel Dari Segi Grafis


Satu poin lagi untuk kalian para gamer. Selain harga prosessor AMD yang lebih murah, kualitas grafis prosesor AMD juga lebih bagus dan cocok untuk bermain game karena tampilan grafis dari game tersebut akan lebih menarik jika menggunakan prosesor AMD ini. Namun, bagi kalian para youtuber atau yang ingin merender kurang cocok jika menggunakan prosesor yang satu ini. Lebih baik menggunakan Intel saja jika ingin merender.

3. Prosesor AMD Bisa Mendeteksi Malware


Pemilik AMD sendiri memiliki ide untuk menambahkan fitur pendeteksi virus/malware. Fitur tersebut dinamakan Enchanced Virus Protection (EVP). Pendeteksi virus ini bekerja untuk mengecek apakah ada virus yang terdapat pada program yang ingin kalian jalankan.

- Cara kerja dari pendeteksi virus ini adalah :



EVP mengecek program->Jika terdapat virus, program tidak akan dijalankan. Namun, jika tidak ada virus, maka program dapat berjalan dengan izin AMD.

4. Lebik Baik Jika Menangani Aplikasi Berbasis 64 bit

Seiring berjalannya teknologi informasi, maka perkembangan aplikasi juga semakin pesat. Hal itu mengakibatkan banyaknya aplikasi bahkan game sekalipun menjadi berbasis 64 bit.

Nah, AMD pun mengambil peluang ini dengan melihat kondisi seperti ini. Maka, pemilik AMD langung membuat prosessor yang lebih optimal ketika menangani aplikasi yang berbasis 64 bit. 


Nah, itu tadi beberapa kelebihan dari prosessor AMD. Sekarang kami akan membahas kekurangan dari prosessor AMD atau yang sering disebut dengan prosessor para gamer.

Apa Kekurangan AMD :

1. Prosessor Yang Kalah Nama Dari Intel


Jika kita lihat dari jumlah pengguna di dunia, prosessor AMD masih tertinggal jauh dari Intel. Hal itulah yang membuat merek AMD ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam. Ada beberapa orang yang sempat bertanya kepada kami, dia sempat bingung akan memilih prosesor Intel atau AMD.

Jawabannya tentunya tergantung dengan kebutuhan kalian. Intel ataupun AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan Intel itu berbeda dengan kelebihan AMD. Nah, dampak positif dari kekurangan ini adalah harga prosessor AMD yang lebih murah dari harga Intel karena AMD belum mendapatkan reputasi sebaik Intel. Padahal aslinya kualitas AMD itu tidak kalah dengan Intel, bahkan bisa melebihi Intel.

2. Lebih Cepat Panas Dalam Bekerja 

Prosessor AMD mengeluarkan panas lebih cepat ketika sedang bekerja, AMD lebih sering mengeluarkan panas. Hal itu dikarenakan pada prosessor AMD tidak menggunakan heatsink sebagai komponen pendingin utamanya. Sebagian processor AMD masih menggunakan kipas atau fan sebagai komponen pendinginnya. Sebagian lagi telah beranjak ke ice cooler untuk mengurangi suara yang tidak enak didengar.

3. Kalah Untuk Segi Multimedia

Bagi sobat bacadeh yang suka sekali dengan dunia multimedia, kami sarankan agar sobat tidak menggunakan processor ini dalam proses yang sobat lakukan.  Alangkah lebih baik jika sobat menggunakan Intel saja, karena Intel sudah dirancang untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan multimedia.


Nah, itulah perbedaan kualitas Intel dan AMD juga beberapa kelebihan dan kekurangan Intel dan AMD. Semoga artikel ini dapat membantu sobat bacadeh dalam memilih processor yang cocok untuk kebutuhan sobat. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.


 Longtail :
perbedaan amd dan intel core i3 | perbandingan prosesor amd dan intel untuk laptop | perbedaan intel dan amd untuk game | perbedaan intel celeron dan amd | amd a9 setara dengan intel apa | pilih intel atau amd | perbedaan teknologi amd dan intel | amd vs intel